PENGARUH KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Authors

  • Yenti Yenti SMK Negeri 4 Luwu
  • Suaedi Suaedi Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Ma’rufi Universitas Cokroaminoto Palopo

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v5i1.1389

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah, Kecerdasan Emosional, Kemampuan Berpikir Kreatif

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif ex post facto dengan sampel sebanyak 60 orang siswa kelas X SMKN 4 Luwu yang diambil secara random sampling. Variabel penelitian terdiri dari kemampuan pemecahan masalah dan kecerdasan emosional sebagai variabel bebas dan kemampuan berpikir kreatif sebagai variabel terikat. Instrumen penelitian terdiri dari tes untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif serta angket kecerdasan emosional. Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh variabel bebas secara parsial dan analisis regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh secara simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah terhadap kemampuan berpikir kreatif sebesar 26,8%. Terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan berpikir kreatif sebesar 10,1%. Terdapat pengaruh secara bersama-sama kemampuan pemecahan masalah dan kecerdasan emosional terhadap kemampuan berpikir kreatif sebesar 28,9%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kecerdasan emosional yang dimiliki siswa dalam memecahkan masalah maka semakin tinggi kemampuan berpikir kreatif siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Eva, L. M., & Kusrini, M. (2015). Hubungan kecerdasan emosional dan berpikir kreatif terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3). 3T

Mawaddah, S. dan Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif. Jurnal Pendidikan Matematika 3(2), 166-175.

Pehkonen, E. (1992). Using Problem-Field as a Method of Change. Mathematics Education 3(1), 3-6

Sianipar., Valentina, K., dan Siagian, R.E.F. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, FTMIPA Universitas Indraprasta PGRI, 165-170.

Soeyono, Y. (2013, November). Mengasah kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa melalui bahan ajar matematika dengan pendekatan Open-Ended. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Uno, H.B., & Mohammad, N. (2014). Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta : Bumi Aksara.

Downloads

Published

2022-02-10

How to Cite

Yenti, Y., Suaedi, S., & Ma’rufi. (2022). PENGARUH KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA . Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 91–97. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i1.1389

Most read articles by the same author(s)