Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP pada Materi Perbandingan Ditinjau dari Resiliensi Matematis

Authors

  • Suryan Nuloh Al Raniri Program Magister Pendidikan Matematika, Universitas Sebelas April
  • Agus Jaenudin Pendidikan Matematika, Universitas Sebelas April
  • Yusfita Yusuf Pendidikan Matematika, Universitas Sebelas April

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v8i1.5001

Keywords:

Kemampuan Koneksi Matematis, Resiliensi Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa SMP ditinjau dari resiliensi matematis pada materi perbandingan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan sampel penelitian terdiri dari 30 siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Surian. Sedangkan subjeknya diambil sebanyak 6 siswa yang masing-masing memiliki resiliensi matematis tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Untuk memperoleh informasi mendalam, tahapan penelitian yaitu 1) memberikan angket resiliensi matematis, 2) memberikan soal tes koneksi matematis, dan 3) wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kategori resiliensi matematis tinggi dan sedang mampu menerapkan hubungan konsep matematis dengan kehidupan sehari-hari, sedangkan siswa dengan kategori resiliensi rendah tidak dapat menyelesaikan soal koneksi matematis dengan baik pada setiap indikatornya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, M. W., Kurniati, N., Turmuzi, M., & Hayati, L. (2023). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Pythagoras Kelas VIII SMP Negeri 1 Praya Tahun Ajaran 2022 / 2023. 8, 1058–1064.

Andriani, R. (2016). Pendekatan Realistic Mathematic Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis dan Disposisi Matematis Siswa. Universitas Pendidikan Indonesia.

BSNP. (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. Badan Standar Nasional Pendidikan Versi 1.0. www.bsnp-indonesia.org/id/wp-content/laporan BSNP2010.pdf

Desthiani, W., Febrian, & Fera, M. (2024). Analysis of The Mathematical Connection Ability of Class VIII-I Students Of SMP Negeri 11 Tanjungpinang On Social Arithmetic Material. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 9(1), 34–44. https://doi.org/10.31949/th.v9i1.8638

Fitriani, Herman, T., & Fatimah. (2023). Considering the Mathematical Resilience in Analyzing Students ’ Problem- Solving Ability through Learning Model Experimentation. International Journal of Instruction, 16(1), 219–240.

Hasanah, A., & Haryadi, H. (2022). Tinjauan kurikulum merdeka belajar dengan model pendidikan abad 21 dalam menghadapi era society 5.0. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 266–285.

Hendriana, H., Slamet, U. R., & Sumarmo, U. (2014). MATHEMATICAL CONNECTION ABILITY AND SELF-CONFIDENCE (An experiment on Junior High School students through Contextual Teaching and learning with Mathematical Manipulative). International Journal of Education, 8.

Hendriana, S. (2019). Penilaian Pembelajaran Matematika (ketiga). Refika Aditama.

Hidayati, V. R., Maulyda, M. A., Gunawan, G., Rahmatih, A. N., & Erfan, M. (2020). System of Linear Equation Problem Solving: Descriptive-Study about Students’ Mathematical Connection Ability. Journal of Physics: Conference Series, 1594(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1594/1/012042

Imam, F. N. (2023). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Resiliensi Matematis. 07(2000), 2072–2082.

Isnaeni, S., Ansori, A., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa SMP pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Journal on Education. http://jonedu.org/index.php/joe/article/view/68
M Rahmi, U. dan M. S. (2020). First-grade junior high school students’ mathematical connection ability. Journal of Physics: Conf. Series, 1460.

NCTM. (2000). Principles and Standars for School Mathematics. In The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Nurfitri, R. A., & Jusra, H. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Resiliensi Matematis dan Gender. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1943–1954. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.723

Pare, A., & Sihotang, H. (2023). Pendidikan Holistik untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27778–27787.

Permata, P. dan N. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif. Prosiding Seminar Nasional Tadris Matematika (SANTIKA), 44–60.

Prabawanto, S. (2022). Mathematic Resilience Ability of Students in Linear Program Material with Blanded Learning in the Era of Pandemic. 6(2), 294–307.

Rahmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Resiliensi Matematis Siswa Smp. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 187. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3619

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan) (Edisi ke-3). Alfabeta.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Al Raniri, S. N., Jaenudin, A., & Yusuf, Y. (2024). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP pada Materi Perbandingan Ditinjau dari Resiliensi Matematis. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 169–178. https://doi.org/10.30605/proximal.v8i1.5001