Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)
DOI:
https://doi.org/10.30605/proximal.v8i1.5186Keywords:
Kemampuan Berpikir Kreatif, Sistem Persamaan Linear Dua VariabelAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan berpikir kreatif siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam konteks pengajaran matematika. Kemampuan berpikir kreatif adalah kompetensi penting di era globalisasi, khususnya bagi siswa SMK yang diarahkan untuk terjun langsung ke dunia kerja. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan melibatkan siswa kelas XI sebanyak 27 orang di salah satu SMK di Kabupaten Indramayu sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui pemberian tes berupa empat soal uraian yang mencakup 4 indikator utama kemampuan berpikir kreatif, yaitu: kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), keaslian (originality), dan elaborasi (elaboration). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel masih tergolong rendah , dengan rata-rata 43,5% siswa telah mencapai skor maksimum. Persentase pada indikator keaslian (originality) yaitu 56%, indikator kelancaran (fluency) yaitu 52%, indikator keluwesan (flexibility) 48%, dan persentase terendah ditemukan pada indikator elaborasi (elaboration) sebanyak 18%. Hasil ini diharapkan dapat membantu pendidik dalam mendesain pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan kreativitas siswa.
Downloads
References
Etistika Y W, Dwi A S, & Amat N. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278. http://repository.unikama.ac.id/840/32/263-278.
Faturohman, I., & Afriansyah, E. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Creative Problem Solving. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 107–118. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.596
Florentina, N., & Leonard, L. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2), 96–106. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i2.1877
Guilford, J. P. (1967). Creativity: Yesterday, Today and Tomorrow. The Journal of Creative Behavior, 1(1), 3–14. https://doi.org/10.1002/j.2162-6057.1967.tb00002.x
Hasanah, R. A., Kewa, M. K., Indria, S., Yulianti, E., & Sari, N. (2022). Analisis Kemampuan Kreativitas Siswa Pada Pengaplikasian Materi Trigonometri Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 58, 123–134. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/5973%0A
Indonesia, P. R. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Kementrian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi.
Jaenudin, A., Kartono, Sukestiyarno, Y. ., & Mariani, S. (2020). The Identification of Students’ Mathematical Creative Thinking Ability on Transformation Geometry. 443(Iset 2019), 101–104. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200620.020
Kemendikbud. (2016). Implementasi Kurikulum 2013 Sd Mi. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(3).
Lestari, T. P., & Sofyan, D. (2013). Perbandingan Kemampuan Proses Pemecahan Masalah Antara Siswa Yang Menggunakan Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Dan Konvensional. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 179–190. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v2i3.302
Purnomo, D. J., Asikin, M., & Junaedi, I. (2015). Tingkat Berpikir Kreatif Pada Geometri Siswa Kelas Vii Ditinjau Dari Gaya Kognitif Dalam Setting Problem Based Learning. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i2.7450
Rahman, H., Maya, R., Nurfauziah, P., Siliwangi, I., Terusan, J., & Sudirman, J. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Smk Kelas Xi Pada Materi Perpangkatan, Bentuk Akar Dan Logaritma. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(2614–2155), 473–482. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i2.11165
Rasnawati, A., Rahmawati, W., Akbar, P., Putra, H. D., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., Tengah, C., Cimahi, K., & Barat, J. (2019). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Smk Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (Spldv) Di Kota Cimahi. 3(1), 164–177.
Resti Septikasari, R. N. F. (2020). Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 75(20), 2635–2638. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015
Restiana, N. (2019). Materi Kompetensi Matematika Lulusan SMK dan Kebutuhan Dunia Industri. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 45. https://doi.org/10.30656/gauss.v2i1.1430
Sumarmo, U., Hidayat, W., Zukarnaen, R., Hamidah, & Sariningsih, R. (2012). Kemampuan Dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis, Dan Kreatif Matematik. Jurnal Pengajaran MIPA, 17(1), 10–27. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmipa/article/view/36048
Susianita, R. A., & Riani, L. P. (2024). Pendidikan Sebagai Kunci Utama Dalam Mempersiapkan Generasi Muda Ke Dunia Kerja Di Era Globalisasi. Prosiding Pendidikan Ekonomi, 1–12.
Tamrin, M. I. (2019). Peningkatan Sumber Daya Manusia Dalam Lembaga Pendidikan Agama Non Formal di Era Global. Menara Ilmu, XIII(2), 94–101. http://www.jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/download/1194/1046
Umam, H. I., & Jiddiyyah, S. H. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Ilmiah Sebagai Salah Satu Keterampilan Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(1), 350–356. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.645
Zubaidah, S. (2018). Keterampilan Abad ke-21. Jurnal Pendidikan Biologi, June, 1–25.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.