Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbantuan Video untuk Meningkatkan Karakter Peduli Sosial Siswa Kelas IV SD

Authors

  • Andi Patria Universitas Muria Kudus
  • Sri Utaminingsih Universitas Muria Kudus
  • Irfai Fathurohman Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1368

Keywords:

Buku Cerita Bergambar, Karakter Peduli Sosial, Siswa Kelas IV SD

Abstract

Karakter peduli sosial perlu ditanamkan pada anak untuk mengurangi dampak negatif era globalisasi yang menunjukkan fenomena bahwa sebagian besar anak kecanduan gawai. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan mengembangkan buku cerita bergambar berbantuan video yang sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa, serta layak digunakan dalam meningkatkan karakter peduli sosial siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah research and development dengan menggunakan model Borg and Gall. Produk pegembangan berupa buku cerita bergambar berbantuan video yang dapat diakses melalui gawai. Subjek uji coba penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD di wilayah Dabin II Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan Jawa tengah. Hasil penelitian ini menunjukkan kebutuhan guru dan siswa terhadap buku cerita bergambar berbantuan video cukup tinggi. Hal ini berdasarkan hasil angket kebutuhan siswa yang menunjukkan jawaban “Ya” sebesar 84,67%, sementara angket kebutuhan guru menunjukkan jawaban “Ya” sebesar 88,67%. Buku cerita bergambar berbantuan video juga terbukti layak digunakan berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media dengan rentang skor 0,00 s.d 4,00 menunjukkan skor rata-rata berturut-turut sebesar 3,07, 2,94, dan 3,17. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa buku cerita bergambar berbantuan video dapat memenuhi kebutuhan guru dan siswa serta layak digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan karakter peduli sosial siswa kelas IV SD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriani, A., & Wangid, M. (2015). Pengaruh ssp tematik-integratif terhadap karakter disiplin dan tanggung jawab siswa kelas III SD. Jurnal Prima Edukasia, 31, 12-25. https://doi.org/10.21831/jpe.v3i1.4061

Borg W. R & Gall, M. D. (1983). Educational research: an introduction 4thed. New York: Longman Inc.

Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Huck, C. S, Susan H., & Janes H. (1987). Children's Literature in the Elementary School. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas.

Leffel, G. M., Oakes Mueller, R. A., Ham, S. A., Karches, K. E., Curlin, F. A., & Yoon, J. D. (2018). Project on the Good Physician: Further Evidence for the Validity of a Moral Intuitionist Model of Virtuous cCaring. Teaching and Learning in Medicine, 303, 303–316. https://doi.org/10.1080/10401334.2017.1414608

Lubis, D. (2020). Pengembangan Buku Cerita Berbasis Augmented Reality untuk Mengakomodasi generasi Z. Jurnal Penelitian: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 56, 780-791. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/13613/6146.

Mar'at, S. (2015). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mitchell, D. (2003). Children’s Literature, an Invitation to the World. Boston: Ablongman.

Noddings, N. (2013). A Relational Approach to Athics and Aoral Education. USA: University of California Press

Nurinasamy, I., Hasmah, W., & Mamat, W. (2010). Caring Teacher in Developing Empathy in Moral Education. The Malaysian Online Journal of Educational Science, 1, 1–19.

Nurgiyantoro, B. (2013). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Qodriyah, S. H., & Wangid, M. N. (2015). Pengembangan SSP Tematik Integratif untuk Membangun Karakter Kejujuran dan Kepedulian Siswa SD Kelas II. Jurnal Prima Edukasia, 3(2), 177. https://doi.org/10.21831/jpe.v3i2.7222

Qureshi H., Walker, A. (1989). The Caring Relationship: Elderly People and the Families. London: The Macmillan Press.

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian & Pengembangan. Reseach and Development. Bandung: Alfabeta.

Tempo.co. (2021). Survei KPAI: 76,8 Persen Anak Gunakan Gawai di Luar Jam Belajar. https://nasional.tempo.co/read/1420670/survei-kpai-768-persen-anak-gunakan-gawai-di-luar-jam-belajar

Waghid, Y. (2018). Towards a Philosophy of Caring in Higher Education. 49–54. https://doi.org/10.1007/978-3-030-03961-5

Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widoyoko, E. P. S. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widoyoko, E. P. S. (2012). Tehnik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Published

2021-12-31

How to Cite

Patria, A., Utaminingsih, S., & Fathurohman, I. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbantuan Video untuk Meningkatkan Karakter Peduli Sosial Siswa Kelas IV SD. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3), 561–569. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1368

Issue

Section

Regular Articles