Optimalisasi Manajemen Kurikulum untuk Mendukung Elemen Pembelajaran Berdiferensiasi di SMK
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5821Keywords:
Manajemen Kurikulum, Elemen Pembelajaran Berdiferensiasi, Pembelajaran BerdiferensiasiAbstract
Manajemen kurikulum memiliki peran yang sangat penting dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum sesuai prinsip pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran diferensiasi dapat menciptakan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik mulai dari kesiapan belajar, minat belajar, dan gaya belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan manajemen kurikulum dalam mendukung elemen pembelajaran berdiferensiasi yang ada di SMKN 1 Cerme dan SMKN 1 Sidayu seperti elemen konten, elemen proses, elemen produk, dan lingkungan belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam kepada kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum, guru, dan peserta didik. Selain itu, data yang diambil dari penelitian ini dengan cara melakukan pengamatan langsung di lokasi tentang penerapan elemen pembelajaran berdiferensiasi di SMKN 1 Cerme dan SMKN 1 Sidayu, dan dokumentasi. Hasil penelitian telah dianalisis dan menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan guru di kelas menggunakan elemen pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan minat peserta didik terhadap pembelajaran dan menjadikan pembelajaran menyenangkan, dan dikudung dengan manajemen kurikulum di sekolah yang dilakukan secara optimal. Kebijakan kurikulum yang diterapkan di sekolah dapat mendukung guru dalam melakukan elemen pembelajaran berdiferensiasi di kelas. Dapat disimpulkan bahwa SMKN 1 Cerme dan SMKN 1 Sidayu sudah dapat mengoptimalkan manajemen kurikulum di sekolahnya yang bisa mendukung elemen pembelajaran berdiferensiasi di setiap pembelajaran di kelas, sehingga menjadikan pembelajaran di kedua sekolah tersebut menyenangkan dan peserta didik dapat berkembang sesuai dengan bakat dan minatnya.
Downloads
References
Adilla, U., Yandra, J. J., & Hermawati, N. (2023). Analisis Konsep Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah. NUR EL-ISLAM: Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan, 10(2), 240-262. https://doi.org/10.51311/nuris.v10i2.502
Anwar, Z., & Sukiman, S. (2023). Literatur review: pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka di madrasah ibtidaiyah. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 9(2), 80-89. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v9i2.1004
Astuti, M., Agustin, L., Alhusaini, M. Y., Anggraini, T., & Adellia, S. (2025). Pembelajaran Berdiferensiasi Perspektif Kurikulum Merdeka. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 6(1), 66-76. https://doi.org/10.54373/imeij.v6i1.2326
Fitri, T. E., Devi, R., Masni, N., Anisah, A., & Marsidin, S. (2024). Manajemen Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 925-934. https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.15565
Hazyimara, K., Umar, M. S., & Mardiana, M. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Al-Islam Di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Studia Religia: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 8(1), 15-28. https://doi.org/10.30651/sr.v8i1.21985
Kusumardi, A. A. (2024). Manajemen Pembelajaran Berdiferensiasi PAI Kurikulum Merdeka Pada SMKN 1 Bakam. Scientia: Jurnal Hasil Penelitian, 9(1), 16-30. https://doi.org/10.32923/sci.v9i1.4493
Kusumasari, P. R., Margunayasa, I. G., & Lasmawan, I. W. (2024). Game Edukasi Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 7(1), 172-184. https://doi.org/10.23887/jippg.v7i1.73061
Lestari, S. (2024). Analisis Keterlaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka di Kelas X. 12 Sekolah Menengah Tingkat SMA. Jurnal Pustaka Cendekia Hukum dan Ilmu Sosial, 1(3), 262-265. https://doi.org/10.70292/pchukumsosial.v1i3.116
Malawi, I., & Sukarmi, S. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN Bacem. RISOMA: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan, 2(6), 152-161. https://doi.org/10.62383/risoma.v2i6.403
Marantika, J. E., Tomasouw, J., & Wenno, E. C. (2023). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi di kelas. German Für Gesellschaft (J-Gefüge), 2(1), 1-8. https://doi.org/10.30598/jgefuege.2.1.1-8
Midiaty, M., Mulawarman, W. G., & Masruhim, M. A. (2024). Analisis implementasi manajemen Kurikulum Merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan SMK Pusat Keunggulan. Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan, 4(2), 123-134. https://doi.org/10.30872/jimpian.v4i2.4311
Musa, A., Dzakiyyuddin, M., & Amin, A. A. N. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Modul Ajar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada SMK. Manajemen Pendidikan, 193-208. https://doi.org/10.23917/jmp.v9i2.3168
Nasution, A. G. J. (2020). Metodologi Penelitian: Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pramasta Pustaka Ilmu.
Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Pedagogy, 16(1), 34-54. https://doi.org/10.63889/pedagogy.v16i1.152
Robbih, M. N. I. A., & Sudarwanto, T. (2024). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Perilaku Konsumen Kelaas X Bisnis Digital SMKS Ketintang SUrabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 12(3), 349-355. https://doi.org/10.26740/jptn.v12n3.p349-355
Rosa, E., Destian, R., Agustian, A., & Wahyudin, W. (2024). Inovasi Model dan Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Inovasi Model dan Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Education Research, 5(3), 2608-2617. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1153
Safitri, A. (2023). Manajemen Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Tunas Cendikia Meulaboh-Aceh Barat. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 10(2), 344-351. https://doi.org/10.54069/atthiflah.v10i2.626
Salamudin, C., & Kurniasih, A. (2025). Pembelajaran Berdiferensiasi Materi Ajar Dalam Kurikulum Merdeka Kajian Ilmu Pendidikan Islam. Masagi, 3(2), 9-14. https://doi.org/10.37968/masagi.v3i2.692
Sari, R. P., & Solihah, A. (2024). Evaluasi Efektivitas Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran PAI di SMKN 2 Depok. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 8(1), 493-506. https://doi.org/10.36526/santhet.v8i1.3428
Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam rangka mewujudkan merdeka belajar. Jurnal jendela pendidikan, 2(04), 529-535. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301
Wulandari, C. R., & Ningrum, T. A. (2024). Pengelolaan Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 1 Kota Solok: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Kurikulum Merdeka. Journal Of Practice Learning And Educational Development, 4(1), 66-75. https://doi.org/10.58737/jpled.v4i1.250
Yulaichah, S., Mariana, N., & Puspita, A. M. I. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Membangun Budaya Kelas di Sekolah Anuban Khon Kaen, Thailand. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2319-2330. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3644
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Milhatul Hikmah, Syunu Trihantoyo, Muhamad Sholeh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.