Optimalisasi Manajemen Kurikulum untuk Mendukung Elemen Pembelajaran Berdiferensiasi di SMK

Authors

  • Milhatul Hikmah Universitas Negeri Surabaya
  • Syunu Trihantoyo Universitas Negeri Surabaya
  • Muhamad Sholeh Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5821

Keywords:

Manajemen Kurikulum, Elemen Pembelajaran Berdiferensiasi, Pembelajaran Berdiferensiasi

Abstract

Manajemen kurikulum memiliki peran yang sangat penting dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum sesuai prinsip pembelajaran berdiferensiasi.  Pembelajaran diferensiasi dapat menciptakan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik mulai dari kesiapan belajar, minat belajar, dan gaya belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan manajemen kurikulum dalam mendukung elemen pembelajaran berdiferensiasi yang ada di SMKN 1 Cerme dan SMKN 1 Sidayu seperti elemen konten, elemen proses, elemen produk, dan lingkungan belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam kepada kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum, guru, dan peserta didik. Selain itu, data yang diambil dari penelitian ini dengan cara melakukan pengamatan langsung di lokasi tentang penerapan elemen pembelajaran berdiferensiasi di SMKN 1 Cerme dan SMKN 1 Sidayu, dan dokumentasi. Hasil penelitian telah dianalisis dan menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan guru di kelas menggunakan elemen pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan minat peserta didik terhadap pembelajaran dan menjadikan pembelajaran menyenangkan, dan dikudung dengan manajemen kurikulum di sekolah yang dilakukan secara optimal. Kebijakan kurikulum yang diterapkan di sekolah dapat mendukung guru dalam melakukan elemen pembelajaran berdiferensiasi di kelas. Dapat disimpulkan bahwa SMKN 1 Cerme dan SMKN 1 Sidayu sudah dapat mengoptimalkan manajemen kurikulum di sekolahnya yang bisa mendukung elemen pembelajaran berdiferensiasi di setiap pembelajaran di kelas, sehingga menjadikan pembelajaran di kedua sekolah tersebut menyenangkan dan peserta didik dapat berkembang sesuai dengan bakat dan minatnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adilla, U., Yandra, J. J., & Hermawati, N. (2023). Analisis Konsep Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah. NUR EL-ISLAM: Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan, 10(2), 240-262. https://doi.org/10.51311/nuris.v10i2.502

Anwar, Z., & Sukiman, S. (2023). Literatur review: pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka di madrasah ibtidaiyah. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 9(2), 80-89. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v9i2.1004

Astuti, M., Agustin, L., Alhusaini, M. Y., Anggraini, T., & Adellia, S. (2025). Pembelajaran Berdiferensiasi Perspektif Kurikulum Merdeka. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 6(1), 66-76. https://doi.org/10.54373/imeij.v6i1.2326

Fitri, T. E., Devi, R., Masni, N., Anisah, A., & Marsidin, S. (2024). Manajemen Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 925-934. https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.15565

Hazyimara, K., Umar, M. S., & Mardiana, M. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Al-Islam Di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Studia Religia: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 8(1), 15-28. https://doi.org/10.30651/sr.v8i1.21985

Kusumardi, A. A. (2024). Manajemen Pembelajaran Berdiferensiasi PAI Kurikulum Merdeka Pada SMKN 1 Bakam. Scientia: Jurnal Hasil Penelitian, 9(1), 16-30. https://doi.org/10.32923/sci.v9i1.4493

Kusumasari, P. R., Margunayasa, I. G., & Lasmawan, I. W. (2024). Game Edukasi Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 7(1), 172-184. https://doi.org/10.23887/jippg.v7i1.73061

Lestari, S. (2024). Analisis Keterlaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka di Kelas X. 12 Sekolah Menengah Tingkat SMA. Jurnal Pustaka Cendekia Hukum dan Ilmu Sosial, 1(3), 262-265. https://doi.org/10.70292/pchukumsosial.v1i3.116

Malawi, I., & Sukarmi, S. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN Bacem. RISOMA: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan, 2(6), 152-161. https://doi.org/10.62383/risoma.v2i6.403

Marantika, J. E., Tomasouw, J., & Wenno, E. C. (2023). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi di kelas. German Für Gesellschaft (J-Gefüge), 2(1), 1-8. https://doi.org/10.30598/jgefuege.2.1.1-8

Midiaty, M., Mulawarman, W. G., & Masruhim, M. A. (2024). Analisis implementasi manajemen Kurikulum Merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan SMK Pusat Keunggulan. Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan, 4(2), 123-134. https://doi.org/10.30872/jimpian.v4i2.4311

Musa, A., Dzakiyyuddin, M., & Amin, A. A. N. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Modul Ajar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada SMK. Manajemen Pendidikan, 193-208. https://doi.org/10.23917/jmp.v9i2.3168

Nasution, A. G. J. (2020). Metodologi Penelitian: Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pramasta Pustaka Ilmu.

Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Pedagogy, 16(1), 34-54. https://doi.org/10.63889/pedagogy.v16i1.152

Robbih, M. N. I. A., & Sudarwanto, T. (2024). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Perilaku Konsumen Kelaas X Bisnis Digital SMKS Ketintang SUrabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 12(3), 349-355. https://doi.org/10.26740/jptn.v12n3.p349-355

Rosa, E., Destian, R., Agustian, A., & Wahyudin, W. (2024). Inovasi Model dan Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Inovasi Model dan Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Education Research, 5(3), 2608-2617. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1153

Safitri, A. (2023). Manajemen Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Tunas Cendikia Meulaboh-Aceh Barat. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 10(2), 344-351. https://doi.org/10.54069/atthiflah.v10i2.626

Salamudin, C., & Kurniasih, A. (2025). Pembelajaran Berdiferensiasi Materi Ajar Dalam Kurikulum Merdeka Kajian Ilmu Pendidikan Islam. Masagi, 3(2), 9-14. https://doi.org/10.37968/masagi.v3i2.692

Sari, R. P., & Solihah, A. (2024). Evaluasi Efektivitas Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran PAI di SMKN 2 Depok. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 8(1), 493-506. https://doi.org/10.36526/santhet.v8i1.3428

Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam rangka mewujudkan merdeka belajar. Jurnal jendela pendidikan, 2(04), 529-535. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301

Wulandari, C. R., & Ningrum, T. A. (2024). Pengelolaan Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 1 Kota Solok: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Kurikulum Merdeka. Journal Of Practice Learning And Educational Development, 4(1), 66-75. https://doi.org/10.58737/jpled.v4i1.250

Yulaichah, S., Mariana, N., & Puspita, A. M. I. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Membangun Budaya Kelas di Sekolah Anuban Khon Kaen, Thailand. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2319-2330. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3644

Published

2025-06-01

How to Cite

Hikmah, M., Trihantoyo, S., & Sholeh, M. (2025). Optimalisasi Manajemen Kurikulum untuk Mendukung Elemen Pembelajaran Berdiferensiasi di SMK. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(2), 522–533. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5821

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 

You may also start an advanced similarity search for this article.