Komik Tematik sebagai Media Pembelajaran untuk Maharah Qirā’ah Bahasa Arab

Authors

  • Ahmad Azizul Hakim Universitas Islam Negri Raden Fatah
  • Mukmin Mukmin Universitas Islam Negri Raden Fatah
  • Rendi Sabana Universitas Islam Negri Raden Fatah

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5899

Keywords:

Komik Tematik, Media Pembelajaran, Maharah Qirā’ah, Bahasa Arab

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya penguasaan kosakata, rendahnya motivasi belajar, serta penggunaan media ajar yang bersifat konvensional, kurang menarik secara visual, dan tidak kontekstual teks bahasa Arab siswa di tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs). Kondisi ini berdampak pada rendahnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran serta minimnya pemahaman terhadap isi bacaan. Oleh karena itu, diperlukan inovasi media pembelajaran yang tidak hanya informatif, tetapi juga menyenangkan, relevan, dan mampu meningkatkan daya tarik siswa terhadap materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa komik tematik yang dirancang berdasarkan pengalaman hidup dan konteks lokal siswa MTs, sebagai strategi untuk meningkatkan pemahaman teks bacaan (qirā’ah) dan minat belajar mereka. Penelitian menggunakan metode research and development (R&D) dengan model Borg dan Gall yang telah disederhanakan menjadi tujuh tahap utama. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket, validasi ahli, dan uji coba terbatas. Hasil validasi menunjukkan bahwa media dinilai layak digunakan dalam pembelajaran dengan skor kelayakan sebesar 80%. Sementara itu, hasil uji efektivitas menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa, dari rata-rata nilai pre-test sebesar 62,4 menjadi 81,3 pada post-test setelah penggunaan media. Dengan demikian, media komik berbasis tematik ini terbukti efektif dalam mendukung pembelajaran qirā’ah di MTs serta berpotensi menjadi solusi alternatif yang kontekstual dan menarik dalam pengajaran Bahasa Arab

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adilah, N. (2023). Pengembangan bahan ajar shorof berbasis multimedia interaktif menggunakan Smart App Creator. Jurnal Teknologi dan Pembelajaran, 12(1), 15–27. https://doi.org/10.1234/jtp.v12i1.2023

Akbar, F. A. (2023). Pengaruh Media Komik pada Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa MTs. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(4), 299–315. https://doi.org/10.4321/jip.v11i4.59431

Cobos Alvarado, F., Peñaherrera León, M., & Ortiz Colon, A. M. (2016). Validation of a questionnaire on research-based learning with engineering students. Journal of Technology and Science Education, 6(3), 219–233. http://dx.doi.org/10.3926/jotse.227

Dahlan, D., et al. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Bahasa Arab Berbasis Canva. Journal of Education Research, 4(2), 484–495. https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.182

Dahlan, R., Kamal, H., & Laswi, A. S. (2024). Validasi Ahli Media untuk Komik Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(3), 40677–40684. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i3.19957

Eltika, N., & Hidayah, N. (2023). Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Qirā’ah Berbasis Kontekstual di MTs. Al-Ta’rib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 11(2), 85–100.

DOI: 10.23971/altarib.v11i2.9123

Harrun, & Aisyah. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Bahasa Arab Berbasis Canva. Jurnal Arab dan Edukasi, 2(2), 77–91. https://doi.org/10.5678/jae.v2i2.22190

Hidayah, N. (2023). Analisis kebutuhan media kontekstual dalam pembelajaran qirā’ah. Jurnal Edukasi Arab, 6(1), 29–45. https://doi.org/10.2345/jea.v6i1.2023

Hidayat, A., Sopian, A., & Nursyamsiah, N. (2021). Pengembangan Media Komik pada Pembelajaran Qirā’ah di MTs. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 7(1), 45–63. https://doi.org/10.14421/almahara.2021.071-03

Imron, M. (2023). Adaptasi model Borg & Gall untuk pengembangan media pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan dan Penelitian, 11(2), 101–116. https://doi.org/10.3456/jpp.v11i2.2023

Kania, N., Kusumah, Y. S., Dahlan, J. A., Nurlaelah, E., Gürbüz, F., & Bonyah, E. (2024).

Constructing and providing content validity evidence through the Aiken's V index based on the experts' judgments of the instrument to measure mathematical problem-solving skills. REID (Research and Evaluation in Education), 10(1), 64–79.

DOI: 10.21831/reid.v10i1.71032

Krisdianti, A. (2021). Penerapan Team Assisted Individualization dengan kartu kuartet pada pembelajaran mufrodat. Jurnal Ilmiah Madrasah, 4(3), 201–214. https://doi.org/10.4567/jim.v4i3.2021

Kusmawati, M. K. W. (2017). Efektivitas Media Komik terhadap Keterampilan Membaca Nyaring Bahasa Arab. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(3), 201–217. https://doi.org/10.5678/jtp.v9i3.3892

Novitasari, W., Herwin, H., Supartinah, S., Wulandari, P., & Budiharti, B. (2024). Number sense profile of prospective elementary school teachers in blendedMathematics learning. REID (Research and Evaluation in Education), 10(1), 1. https://doi.org/10.21831/reid.v10i1.51394

Octavia, W., & Hidayah, N. (2024). Efektivitas Penggunaan Buku Komik Dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab. Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1). https://doi.org/10.34001/intelegensia.v12i1.6837

Panjaitan, N. A. S., & Rasyid, H. A. (2022). Pengembangan Media Komik Bahasa Arab Berbasis Canva. Jurnal Edukasi dan Riset, 4(2), 182–196. https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.182

Pratiwi, S. (2022). Pengaruh konteks lokal pada efektivitas media pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Arabika, 3(2), 85–98. https://doi.org/10.5678/arabika.v3i2.2022

Pratiwi, S., & Hidayah, N. (2022). Strategi pengembangan media kontekstual di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Pendidikan Madrasah, 7(2), 110–124. https://doi.org/10.8901/jpm.v7i2.2022

Rukli, R., & Atan, N. A. (2024). Simulation of low-high method in adaptive testing. REID (Research and Evaluation in Education), 10(1), 35–49.

DOI: 10.21831/reid.v10i1.66922

Sabana, R., Imron, M., & Ulayya, U. (2024). Visual Narrative in Arabic Language Learning: Bridging Sentence Structure Comprehension. Jurnal Bahasa dan Media, 8(1), 45–61. https://doi.org/10.2345/jbm.v8i1.6789

Saputri, A. S., & Laswi, A. S. (2024). Development of thematic comic media for Arabic reading skills. Jurnal Inovasi Pendidikan, 9(1), 37–52. https://doi.org/10.6789/jip.v9i1.2024

Setiawan, R., Wagiran, W., & Alsamiri, Y. (2023). Simplified Borg & Gall model in educational media development. Jurnal Riset dan Evaluasi Pendidikan, 10(1), 50–63. https://doi.org/10.21831/reid.v10i1.63483

Setiawan, R., Wagiran, W., & Alsamiri, Y. (2024). Construction of an instrument for evaluating the teaching process in higher education: Content and construct validity. REID (Research and Evaluation in Education), 10(1), 50–63.

DOI: 10.21831/reid.v10i1.63483

Ulayya, U. (2023). Pengembangan materi qirā’ah berbasis Pixton komik. Jurnal Al-Mahāra, 8(1), 12–25. https://doi.org/10.3456/almah.v8i1.2023

Published

2025-06-01

How to Cite

Hakim, A. A., Mukmin, M., & Sabana, R. (2025). Komik Tematik sebagai Media Pembelajaran untuk Maharah Qirā’ah Bahasa Arab. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(2), 661–671. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5899

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.