Metode Inkuiri Terbimbing dan Konvensional dalam Pembelajaran Manajemen Konflik pada Mahasiswa Program Studi S1 IPS Universitas Negeri Manado
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.603Keywords:
Metode Inkuiri Terbimbing, Metode Konvensional, Manajemen KonflikAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui dan menganalisis hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah manajemen konflik dengan menggunakan metode inkuiri terbimbing dan metode konvensional; (2) untuk mengetahui dan menganalisis berbedaan hasil belajar mahasiswa setelah menggunakan metode inkuiri terbimbing dan metode konvensional (lecturer centered). Metode yang digunakana dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi yang digunakan adalah semua mahasiswa semester V Program Studi S1 IPS Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Manado semester ganjil Tahun Akademik 2020/2021. Teknik pengumpulan data data melalui hasil tes belajar mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) metode inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar mata kuliah manajemen konflik untuk mahasiswa kelas A yakni metode inkuiri terbimbing memberikan skor nilai yang lebih tinggi (78.125) untuk mahasiswa kelas A dibandingkan dengan hasil nilai rata-rata kelas B (70.33) yang menggunakan metode konvensional. (2) Terdapat berbedaan yang signifikan antara hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan metode inkuiri terbimbing dan metode konvensional. Artinya ada perbedaan dalam skor tes dari kedua metode tersebut dari 3.72240 sampai 11.86093, perbedaannya mencapai 7.79167
Downloads
References
Amien, M. (1987). Pengajaran IPA Dengan Menggunakan Metode Discovery Dan Inkuiri. Depdikbud. Jakarta.
Carin, A. A. (1993). Teaching Science Through Discovery (7Th Ed.). New York: Maxwell Macmillan Internasional.
Drost. J. (1999). Proses Pembelajaran Sebagai Proses Pendidikan. Jakarta: Gramedia.
Fadhillah, D., & Novianti, E. (2021). Metode Inkuiri sebagai Alternatif Peningkatan Kemampuan Membaca Intensif pada Ranah Kognitif C1, C2 dan C3. Jurnal Basicedu, 5(3), 1111-1119. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.857
Firdaus, C. A. (2020). Minat belajar siswa dalam pembelajaran dengan metode inkuiri terbimbing (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).
Hanson, D. M. (2006). Instructor’s guide to process-oriented guided – inquiry learning. Stony Brook University. Lacey Avenue.
Kunandar. (2012). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Manjeng, J., & Jail, H. (2020). Perbandingan Pemahaman Konsep Ekstrapolasi antara Metode Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Inkuiri Bebas Termodifikasi. Karst, 3(2), 54-61. DOI: https://doi.org/10.46918/karst.v3i2.698
Mc Donald F.J., (1959). Educational Psychology. Tokyo: Asian Text Edition.
Muslim, A. (2020). Manajemen konflik interpersonal di sekolah. Jurnal Paedagogy, 1(1), 17-27. DOI: https://doi.org/10.47747/jismab.v1i2.27
Ngalim, P. (2000). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ramdani, A., & Artayasa, I. P. (2020). Keterampilan berpikir kreatif mahasiswa dalam pembelajaran ipa menggunakan model inkuiri terbuka. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 1-9. DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.15394
Sudarmanto, E., Sari, D. P., Tjahjana, D., Wibowo, E., Mardiana, S. S., Purba, B., ... & Arfandi, S. N. (2021). Manajemen Konflik. Yayasan Kita Menulis
Sudjana. (2009). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung.
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.
Wardana, D. J., Fauziyah, N., Rahim, A. R., & Sukaris, S. (2020). Manajemen Konflik Dengan Self-Awareness. DedikasiMU (Journal of Community Service), 2(4), 632-639. DOI: https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v2i4.2063
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.