Metode Inkuiri Terbimbing dan Konvensional dalam Pembelajaran Manajemen Konflik pada Mahasiswa Program Studi S1 IPS Universitas Negeri Manado

Authors

  • Manuel Estephanus Korompis Universitas Negeri Manado
  • Kosmas Sobon Universitas Katolik De La Salle Madano

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.603

Keywords:

Metode Inkuiri Terbimbing, Metode Konvensional, Manajemen Konflik

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui dan menganalisis hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah manajemen konflik dengan menggunakan metode inkuiri terbimbing dan metode konvensional; (2) untuk mengetahui dan menganalisis berbedaan hasil belajar mahasiswa setelah menggunakan metode inkuiri terbimbing dan metode konvensional (lecturer centered). Metode yang digunakana dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi yang digunakan adalah semua mahasiswa semester V Program Studi S1 IPS Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Manado semester ganjil Tahun Akademik 2020/2021. Teknik pengumpulan data data melalui hasil tes belajar mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) metode inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar mata kuliah manajemen konflik untuk mahasiswa kelas A yakni metode inkuiri terbimbing memberikan skor nilai yang lebih tinggi (78.125) untuk mahasiswa kelas A dibandingkan dengan hasil nilai rata-rata kelas B (70.33) yang menggunakan metode konvensional. (2) Terdapat berbedaan yang signifikan antara hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan metode inkuiri terbimbing dan metode konvensional. Artinya ada perbedaan dalam skor tes dari kedua metode tersebut dari 3.72240 sampai 11.86093, perbedaannya mencapai 7.79167

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amien, M. (1987). Pengajaran IPA Dengan Menggunakan Metode Discovery Dan Inkuiri. Depdikbud. Jakarta.

Carin, A. A. (1993). Teaching Science Through Discovery (7Th Ed.). New York: Maxwell Macmillan Internasional.

Drost. J. (1999). Proses Pembelajaran Sebagai Proses Pendidikan. Jakarta: Gramedia.

Fadhillah, D., & Novianti, E. (2021). Metode Inkuiri sebagai Alternatif Peningkatan Kemampuan Membaca Intensif pada Ranah Kognitif C1, C2 dan C3. Jurnal Basicedu, 5(3), 1111-1119. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.857

Firdaus, C. A. (2020). Minat belajar siswa dalam pembelajaran dengan metode inkuiri terbimbing (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Hanson, D. M. (2006). Instructor’s guide to process-oriented guided – inquiry learning. Stony Brook University. Lacey Avenue.

Kunandar. (2012). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Manjeng, J., & Jail, H. (2020). Perbandingan Pemahaman Konsep Ekstrapolasi antara Metode Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Inkuiri Bebas Termodifikasi. Karst, 3(2), 54-61. DOI: https://doi.org/10.46918/karst.v3i2.698

Mc Donald F.J., (1959). Educational Psychology. Tokyo: Asian Text Edition.

Muslim, A. (2020). Manajemen konflik interpersonal di sekolah. Jurnal Paedagogy, 1(1), 17-27. DOI: https://doi.org/10.47747/jismab.v1i2.27

Ngalim, P. (2000). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ramdani, A., & Artayasa, I. P. (2020). Keterampilan berpikir kreatif mahasiswa dalam pembelajaran ipa menggunakan model inkuiri terbuka. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 1-9. DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.15394

Sudarmanto, E., Sari, D. P., Tjahjana, D., Wibowo, E., Mardiana, S. S., Purba, B., ... & Arfandi, S. N. (2021). Manajemen Konflik. Yayasan Kita Menulis

Sudjana. (2009). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.

Wardana, D. J., Fauziyah, N., Rahim, A. R., & Sukaris, S. (2020). Manajemen Konflik Dengan Self-Awareness. DedikasiMU (Journal of Community Service), 2(4), 632-639. DOI: https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v2i4.2063

Published

2021-11-06

How to Cite

Korompis, M. E., & Sobon, K. (2021). Metode Inkuiri Terbimbing dan Konvensional dalam Pembelajaran Manajemen Konflik pada Mahasiswa Program Studi S1 IPS Universitas Negeri Manado. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3), 527–535. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.603

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 

You may also start an advanced similarity search for this article.