Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Media Berbasis Wizer.me Pada Materi Luas Persegi dan Luas Persegi Panjang pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Iin Ardila Habie Universitas Negeri Gorontalo
  • Abdul Haris Panai Universitas Negeri Gorontalo
  • Andi Marshanawiah Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.7.2.2024.4310

Keywords:

Hasil Belajar, Media Wizer.me, Siswa Sekolah Dasar, PTK

Abstract

Masalah penelitian ini adalah "Apakah dengan menggunakan media Wizer. Me dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun luas persegi dan luas persegi panjang pada kelas IV di SDN 4 Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara?". Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media Wizer. Me pada materi bangun luas persegi dan luas persegi panjang pada siswa kelas IV di SDN 4 Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tes, observasi, dan dokumentasi adalah metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini. Pada saat observasi awal kemampuan yang diperoleh siswa masih sangat rendah yakni hanya 13 orang siswa atau 57% yang mendapat ketuntasan belajar. Pada pelaksanaan penelitian siklus I terjadi peningkatan yakni berjumlah 15 orang siswa atau 65%. Hal ini belum mencapai kriteria ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan yakni 80%, sehingga penelitian akan dilanjutkan pada siklus kedua. Pada siklus kedua, 91% atau 21 siswa lebih baik dalam belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media berbasis Wizer.me secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN 4 Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amara, I., Panai, A. H., & Arifin, I. N. (2023). Perbedaan Hasil Belajar Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Dan Model Pembelajaran Materi Panas Dan Perpindahannya Di Kelas V SDN 1 Anggrek. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 7146-7154 .

Annisa, D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.

Anggraini, H. I., Nurhayati, N., & Kusumaningrum, S. R. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Game Matematika Berbasis Hots dengan Metode Digital Game Based Learning (DGBL) di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(11), 1885–1896. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i11.356

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Chityadewi, K. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan Pecahan Dengan Pendekatan Ctl (Contextual Teaching and Learning). Journal of Education Technology, 3(3), 196. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21746

Erawati, N. K. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Wizer . Me. 4(2), 125–134.

Harefa, D. (2020). Kooperatif Make a Match Pada Aplikasi Jarak Dan Perpindahan. Peningkatan Hasil Belajar, 8(1), 1–18.

Leony Sanga Lamsari. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29–39.

Mahnun, N. (2020). Using Jazz Chants to Increase Vocabulary Power among ESL Young Learners. Creative Education, 11(03), 262–274. https://doi.org/10.4236/ce.2020.113020

Marshanawiah, A., Ningsih, S., Alwi, M. N., Nurdiyanti, A., & Dukei, N. (2023). Pengembangan Media E-Tangram Geometri Berbasis Android Pada Materi Bangun Datar Di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran

Maseke, S. U., Ilham, A., Rivai, S., Sarlin, M., & Marshanawiah, A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Pecahan Biasa Menggunakan Media Kartu Pecahan Pada Siswa Kelas Ii Sdn 25 Kota Selatan. Student Journal Of Elementary Education.

Muarfina, N (2020)., Pd, S., & Pd, S. (n.d.). Kata Kunci : Media Evaluasi , Hot Potatoes.

Nurlaela, E. S., Fikri, A., Rahmawati, A., Rahayu, E. B., Wirayudha, S., & Al-Anshori, A. M. (2023). Hakikat Penelitian Tindakan untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 124–139.

Panai, A. H. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswamelalui Penggunaan Media Ppt Interaktif Tema 8 Keunikan Daerah Tempat Tinggalku Di Kelas Iv Sd Negeri 19 Telaga Biru. 14(2), 171–177.

Pandiangan, W. M., Siagian, S., & Sitompul, H. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 11(1), 86. https://doi.org/10.24114/jtp.v11i1.11199

Rachmadtullah, R., Azmy, B., Susiloningsih, W., Rusminati, S. H., & Irianto, A. (2021). Media Pembelajaran Tematik Berbasis Tik: Pkm Bagi Guru Sd Hang Tuah X Sedati. Kanigara, I(2), 7–16.

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.

Sri Astutik, Subiki, & Singgih Bektiarso. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru SMAN Panarukan Situbondo. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 54–62. https://doi.org/10.53621/jippmas.v1i1.5

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Susanti, Y. (2020). Penggunaan Strategi Murder Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(2), 180–191. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Fadhila, N. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Website Wizer. Me Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Bangun Datar Kelas VII SMP (Doctoral dissertation, FKIP). https://repository.unja.ac.id/id/eprint/59133

Published

2024-09-29

How to Cite

Habie, I. A., Panai, A. H., & Marshanawiah, A. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Media Berbasis Wizer.me Pada Materi Luas Persegi dan Luas Persegi Panjang pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(2), 913–925. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.2.2024.4310

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.