Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Media Berbasis Wizer.me Pada Materi Luas Persegi dan Luas Persegi Panjang pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.7.2.2024.4310Keywords:
Hasil Belajar, Media Wizer.me, Siswa Sekolah Dasar, PTKAbstract
Masalah penelitian ini adalah "Apakah dengan menggunakan media Wizer. Me dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun luas persegi dan luas persegi panjang pada kelas IV di SDN 4 Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara?". Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media Wizer. Me pada materi bangun luas persegi dan luas persegi panjang pada siswa kelas IV di SDN 4 Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tes, observasi, dan dokumentasi adalah metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini. Pada saat observasi awal kemampuan yang diperoleh siswa masih sangat rendah yakni hanya 13 orang siswa atau 57% yang mendapat ketuntasan belajar. Pada pelaksanaan penelitian siklus I terjadi peningkatan yakni berjumlah 15 orang siswa atau 65%. Hal ini belum mencapai kriteria ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan yakni 80%, sehingga penelitian akan dilanjutkan pada siklus kedua. Pada siklus kedua, 91% atau 21 siswa lebih baik dalam belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media berbasis Wizer.me secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN 4 Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara.
Downloads
References
Amara, I., Panai, A. H., & Arifin, I. N. (2023). Perbedaan Hasil Belajar Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Dan Model Pembelajaran Materi Panas Dan Perpindahannya Di Kelas V SDN 1 Anggrek. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 7146-7154 .
Annisa, D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.
Anggraini, H. I., Nurhayati, N., & Kusumaningrum, S. R. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Game Matematika Berbasis Hots dengan Metode Digital Game Based Learning (DGBL) di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(11), 1885–1896. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i11.356
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Chityadewi, K. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan Pecahan Dengan Pendekatan Ctl (Contextual Teaching and Learning). Journal of Education Technology, 3(3), 196. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21746
Erawati, N. K. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Wizer . Me. 4(2), 125–134.
Harefa, D. (2020). Kooperatif Make a Match Pada Aplikasi Jarak Dan Perpindahan. Peningkatan Hasil Belajar, 8(1), 1–18.
Leony Sanga Lamsari. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29–39.
Mahnun, N. (2020). Using Jazz Chants to Increase Vocabulary Power among ESL Young Learners. Creative Education, 11(03), 262–274. https://doi.org/10.4236/ce.2020.113020
Marshanawiah, A., Ningsih, S., Alwi, M. N., Nurdiyanti, A., & Dukei, N. (2023). Pengembangan Media E-Tangram Geometri Berbasis Android Pada Materi Bangun Datar Di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran
Maseke, S. U., Ilham, A., Rivai, S., Sarlin, M., & Marshanawiah, A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Pecahan Biasa Menggunakan Media Kartu Pecahan Pada Siswa Kelas Ii Sdn 25 Kota Selatan. Student Journal Of Elementary Education.
Muarfina, N (2020)., Pd, S., & Pd, S. (n.d.). Kata Kunci : Media Evaluasi , Hot Potatoes.
Nurlaela, E. S., Fikri, A., Rahmawati, A., Rahayu, E. B., Wirayudha, S., & Al-Anshori, A. M. (2023). Hakikat Penelitian Tindakan untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 124–139.
Panai, A. H. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswamelalui Penggunaan Media Ppt Interaktif Tema 8 Keunikan Daerah Tempat Tinggalku Di Kelas Iv Sd Negeri 19 Telaga Biru. 14(2), 171–177.
Pandiangan, W. M., Siagian, S., & Sitompul, H. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 11(1), 86. https://doi.org/10.24114/jtp.v11i1.11199
Rachmadtullah, R., Azmy, B., Susiloningsih, W., Rusminati, S. H., & Irianto, A. (2021). Media Pembelajaran Tematik Berbasis Tik: Pkm Bagi Guru Sd Hang Tuah X Sedati. Kanigara, I(2), 7–16.
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.
Sri Astutik, Subiki, & Singgih Bektiarso. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru SMAN Panarukan Situbondo. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 54–62. https://doi.org/10.53621/jippmas.v1i1.5
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Susanti, Y. (2020). Penggunaan Strategi Murder Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(2), 180–191. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Fadhila, N. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Website Wizer. Me Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Bangun Datar Kelas VII SMP (Doctoral dissertation, FKIP). https://repository.unja.ac.id/id/eprint/59133
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.