Hubungan Tingkat Kesiapan Kerja Mahasiswa Program Studi PGPAUD dengan Kemampuan Evaluasi Pembelajaran di Universitas Negeri Semarang
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5927Keywords:
Hubungan, Tingkat Kesiapan Kerja, Mahasiswa, PGPAUD, Evaluasi PembelajaranAbstract
Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya kemampuan evaluasi pembelajaran di dunia kerja, utamanya di pendidikan. Kemampuan evaluasi pembelajaran merupakan komponen krusial dikarenakan kemampuan evaluasi pembelajaran merupakan bagian integral dalam kompetensi pedagogik yang merupakan bagian dari hard skills yang wajib dimiliki oleh calon pendidik PAUD yaitu mahasiswa PGPAUD untuk terjun di dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kesiapan kerja mahasiswa program studi Pendidikan Guru PAUD di Universitas Negeri Semarang dengan kemampuan evaluasi pembelajaran yang telah diasah ketika perkuliahan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa PGPAUD Universitas Negeri Semarang Angkatan 2021 yang sedang mengerjakan tugas akhir atau skripsi sebanyak 118 mahasiswa. Sampel pada penelitian ini sebanyak 54 mahasiswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dimana seluruh anggota populasi diberikan perlakuan yang sama. Data penelitian dikumpulkan menggunakan google formulir yang berisi kuesioner kesiapan kerja dan tes untuk mengukur kemampuan evaluasi pembelajaran mahasiswa PGPAUD. Data diolah menggunakan uji prasyarat, dan analisis korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat dan positif antara kesiapan kerja mahasiswa PGPAUD Universitas Negeri Semarang dengan kemampuan evaluasi pembelajaran dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,934. Implikasi dari penelitian ini ialah untuk menekankan kemampuan evaluasi pembelajaran pada mahasiswa agar dapat meningkatkan kesiapan kerja mahasiswa PGPAUD
Downloads
References
Afif, N., & Arifin, A. H. (2022). Kesiapan Kerja Mahasiswa Akuntansi di Era Digital: Cukupkah Hanya Hard Skills? KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 14(1), 50–62. https://doi.org/10.22225/kr.14.1.2022.50-62
Alhadad, B., Arifin, A. A., & Azzahra, R. (2020). Penerapan Media Mind Mapping dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Antarpribadi Mahasiswa. KONSELING: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapannya, 2(1), 11-17. https://doi.org/10.31960/konseling.v2i1.633
Ananthia, W., Sutisna, M. R., Halimah, L., & Hopiani, A. (2025). Analisis Penerapan Model Work-based Learning pada Mahasiswa Calon Guru PAUD. Jurnal Mutiara Pendidikan, 5(1), 144-157. https://doi.org/10.29303/jmp.v5i1.8682
Arifin, Z. (2009). Evaluasi pembelajaran (Vol. 8). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Azizah, N., Santoso, S., & Sumaryati, S. (2019). Pengaruh persepsi magang dunia usaha/dunia industri dan pengalaman organisasi terhadap kesiapan kerja mahasiswa. Tata Arta: Jurnal Pendidikan Akuntansi, 5(1).
Azky, S., & Mulyana, O. P. (2024). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja Mahasiswa: Literature Review. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 3178-3192. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.10762
Chairunissa, D., Anisah, A., & Rahmayanti, H. (2024). Membentuk Kesiapan Kerja Mahasiswa Melalui Program Magang. Journal of Engineering Education and Pedagogy, 2(1), 1-7. https://doi.org/10.56855/jeep.v2i1.683
Chotimah, K., & Suryani, N. (2020). Pengaruh praktek kerja lapangan, motivasi memasuki dunia kerja, dan efikasi diri terhadap kesiapan kerja. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 391-404. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i2.32079
Damayanti, H. L., & Anando, A. A. (2021). Peran Guru Dalam Menumbuhkembangkan Kemandirian Siswa Melalui Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Sinestesia, 11(1), 52–59. https://doi.org/10.53696/27219283.59
Faizin, M., Rahayu, I., Afiq, M. F., Irham, A. S., & Mubarak, M. Z. (2023). Penguatan Afektivitas Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Melalui Public Speaking dengan Pendekatan Filsafat Etis Ibnu Miskawaih. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(02).
Fathurrahman, A., Sumardi, S., Yusuf, A. E., & Harijanto, S. (2019). Peningkatan efektivtas pembelajaran melalui peningkatan kompetensi pedagogik dan teamwork. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 843-850. https://doi.org/10.33751/jmp.v7i2.1334
Gunawan, I., Benty, D. D. N., Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. B., Sari, D. N., Pratiwi, F. D., ... & Hui, L. K. (2020). Pengaruh gaya kepemimpinan, kemampuan manajerial, efikasi diri, dan prestasi belajar terhadap kesiapan kerja mahasiswa. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 4(2), 126-150.
Hasriyanti, R., & Awaludin, A. (2024). Analisis Hubungan Kompetensi Pedagogik Terhadap Efektivitas Kerja Guru. JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 10070–10076. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5798
Huliatunisa, Y. (2017). Evaluasi Standar Kemampuan Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Metodologi Penelitian Pada Program Studi D-Iv Bidan Pendidik Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Tangerang. Jurnal JKFT, 2(2), 71-89. http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v2i1.695
Mashfufah, S. R., Setiasih, O., & Eliyawati, C. Pendapat Kepala Sekolah Dan Guru Pamong Tentang Kompetensi Pedagogik Mahasiswa PLP PGPAUD. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini, 13(2). https://doi.org/10.17509/edukid.v13i2.16923
Naailah, S., Hasibuan, D. A., Siagian, N. S., & Damanik, W. (2024). Perencanaan Manajement Sumber Daya Manusia untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan. Journal Social Society, 4(2), 79–91. https://doi.org/10.54065/jss.4.2.2024.503
Oktavianingsih, E., & Fitroh, S. F. (2021). Pengembangan instrumen kematangan emosi sebagai alat ukur kesiapan menjadi guru profesional pada mahasiswa prodi PG-PAUD. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 60-76. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v4i1.8596
Pasamba, I. A., Sumarauw, J. S., & Raintung, M. C. (2024). Pengaruh Efikasi Diri, Minat Kerja dan Keaktifan Berorganisasi terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Jurusan Manajemen FEB Unsrat Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 12(03), 335-345. https://doi.org/10.35794/emba.v12i03.56691
Priyanto, P., Widiarto, S., Darmadi, R., & Rahayu, N. (2023). Pengaruh persepsi terhadap kesiapan kerja melalui kepuasan praktek kerja lapangan mahasiswa perguruan tinggi vokasi pariwisata. Jurnal Kepariwisataan, 22(1), 97-108. https://doi.org/10.52352/jpar.v22i1.1019
Purwanti, S., Hasan, M., & Pratiwi, F. (2025). Studi Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Paud Dalam Proses Pembelajaran Di Tk Islam Hidayatullah Tulang Bawang. Jurnal Mubtadiin, 11(01).
Ratnawati, D. (2016). Hubungan prestasi belajar, persepsi dunia kerja, dan jiwa kewirausahaan dengan kesiapan kerja mahasiswa PTM. VANOS Journal of Mechanical Engineering Education, 1(1). https://dx.doi.org/10.30870/vanos.v1i1.828
Ratuela, Y. R., Nelwan, O. S., & Lumintang, G. G. (2022). Pengaruh hard skill, soft skill dan efikasi diri terhadap kesiapan kerja pada mahasiswa akhir jurusan manajemen feb unsrat manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(1), 172-183. https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.37677
Safitri, R. D., Mayangsari, M. D., & Erlyani, N. (2020). Pengaruh komunikasi interpersonal terhadap kesiapan kerja mahasiswa praktik pengalaman lapangan (PPL) dalam memasuki dunia kerja di STKIP PGRI Banjarmasin. Jurnal Kognisia, 2(2), 102-110. https://doi.org/10.20527/kognisia.2019.10.016
Saputra, R., Rosita, S., & Chairunnisa, F. (2023). The Effect of Competence on Student Readiness in the World of Work with Confidence as the Intervening Variable. Management Research and Behavior Journal, 3(1), 16. https://doi.org/10.29103/mrbj.v3i1.10737
Sari, C. N. I., & Manunggal, S. A. M. (2023). Pengaruh Soft Skill Dan Hard Skill Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Di Bank Syariah. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 8(2), 347–356. https://doi.org/10.31932/jpe.v8i2.2491
Sumbaryani, I. R. ., Sutanara, F. ., & Ranahcita, R. N. (2023). Peran Sistem Informasi Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Efektivitas Perencanaan dan Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Literasi Digital, 3(2), 89–98. https://doi.org/10.54065/jld.3.2.2023.600
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Taqiya Arruhma, Naili Rohmah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.